ads ads ads ads

Monday, May 13, 2013

Bimbingan Karir

Oleh : Johanes Papu
 Jakarta, 02 Januari 2003
 
Setiap hari, di seluruh dunia, jutaan orang harus bekerja atau sekolah. Beberapa diantaranya mungkin merasa sangat exciting dengan pekerjaannya dan selalu merasa tertantang. Namun sebagian lagi mungkin merasa frustrasi, tidak bersemangat, tidak produktif dan merasa bahwa pekerjaan merupakan beban berat yang harus dipikul seumur hidup. Tidak jarang individu yang demikian mengalami stress kerja, hilang rasa percaya diri, dan gonta-ganti karir hampir sepanjang masa produktifnya. 

Dengan begitu banyak ragam karir atau pekerjaan yang ada saat ini tidak jarang individu mengalami kebimbangan untuk memilih mana yang terbaik bagi dirinya. Hal ini sebenarnya sangatlah beralasan dan tepat mengingat bahwa sekali seseorang sudah memutuskan karir yang akan ditekuninya maka ia harus memiliki komitmen untuk menjalankan keputusan tersebut untuk waktu yang tidak bisa ditentukan. Oleh karena itu untuk memabntu seseorang mempersiapkan karir dengan baik maka dibutuhkan suatu pedoman atau bimbingan karir. Hal ini bukan saja berguna bagi individu yang belum bekerja namun penting juga diperhatikan oleh para pekerja guna mempertahankan karir yang telah dijalaninya.

Mengapa Perlu Bimbingan Karir
 
Performa kerja seseorang dipengaruhi bukan saja oleh pengetahuan dan keahlian atau ketrampilannya tetapi juga faktor-faktor kepribadian. Pemilihan karir yang tepat (sesuai dengan minat, bakat dan kepribadian) akan membuat seseorang mampu mengembangkan karir dan dirinya sendiri secara optimal. Hal tersebut berarti bahwa individu harus terlebih dahulu memahami dengan pasti siapa dirinya, bagaimana "work style" yang sesuai baginya dan bagaimana ia bisa berinteraksi dengan efektif dengan orang lain serta bagaiman caranya mengekspresikan semua potensi yang dimiliki sehingga dapat bekerja dengan cara-cara yang menyenangkan dan efektif. Namun demikian permasalahan yang muncul adalah menyangkut kesulitan individu dalam mengenali kepribadian, minat, bakat dan potensi atau kekuatan yang sesungguhnya dia miliki. Hal inilah yang sebenarnya mendasari mengapa bimbinga karir dibutuhkan.
 
Bagaimana Kami Membantu
 
Melalui situs ini dan bantuan para psikolog atau pun konselor yang berpengalaman, kami mencoba untuk membantu individu-individu yang mengalami masalah yang berhubungan dengan karirnya saat ini atau pun mereka yang sedang bingung menentukan karir. Kami akan membantu mengarahkan individu dalam memilih karir yang sesuai dengan potensi dan kepribadiannya. Bersama individu yang bersangkutan kami akan melakukan serangkaian assessment dan wawancara untuk mendapatkan gambaran yang tepat dan lengkap mengenai diri individu (klien).Selain itu klien dapat melakukan bimbingan dna konseling dengan team e-psikologi untuk mencari berbagai solusi dari masalah karir yang sedang dihadapinya. Dengan bantuan dalam mengarahkan individu untuk memilih karir yang sesuai bagi dirinya, kami berharap bahwa individu tersebut dapat lebih memahami dirinya sendiri sehingga:
  • dapat membantu individu dalam memahami gaya kerjanya, dan dapat menggunakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki secara optimal sekaligus mampu mengatasi segala kekurangan yang ada
  • dapat memahami orang lain dan cara kerja mereka sehingga mampu menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi dengan rekan kerja
  • memahami hal-hal apa saja yang harus dihindari dan hal apa saja yang harus diikuti dalam bekerja
 

No comments:

Post a Comment