ads ads ads ads

Thursday, December 11, 2014

Manfaat Khasiat Wortel Untuk Tubuh, Kulit, Gigi, Stroke dan Kanker

manfaat khasiat wortel



Lupakan mengkonsumsi pil vitamin A. Dengan benda oranye kaya gizi ini kamu bisa mendapatkan vitamin A dan banyak keuntungan kesehatan lainnya termasuk keindahan kulit, pencegahan kanker, dan anti penuaan. Pelajari bagaimana kamu bisa meraih manfaat maksimal dari sayuran ini.

Manfaat dan Khasiat Wortel

1. Meningkatkan Fungsi Mata
Wortel sangat kaya dengan kandungan beta-karoten, yang mana zat ini nantinya diubah menjadi vitamin A di hati. Vitamin A berubah bentuk di retina menjadi rhodopsin, pigmen ungu yang sangat penting untuk penglihatan di malam hari.

Beta-karoten juga berkhasiat untuk melawan degenarsi makula dan katarak. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan banyak beta-karoten menurunkan resiko 40% terkena degenerasi makula daripada yang sedikit mengkonsumsinya.

2. Pencegahan Kanker
Studi menemukan bahwa wortel membantu mengurangi resiko terkena kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar. Peneliti menemukan falcarinol dan falcarindiol yang dirasa bisa memicu adanya sel antikanker.

Falcarinol adalah pestisida alami yang diproduksi oleh wortel untuk melindungi akarnya dari serangan jamur.

3. Pencegahan Penuaan
Beta-karoten tingkat tinggi berfungsi sebagai antioksidan atas kerusakan sel tubuh karena metabolisme. Ini membantu untuk memperlambat penuaan sel-sel.

4. Kulit Sehat Bersinar (dari dalam)
Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari sinar matahari. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut, dan kuku. Vitamin A juga mencegah kerutan, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda, dan warna kulit tidak merata.

5. Antiseptik yang powerful
Wortel telah digunakan oleh herbalis untuk mencegah infeksi. Ia dapat digunakan pada luka sayatan, kulit yang teriris, atau terkena air panas.

6. Kulit yang Indah (dari luar)
Wortel kerapkali dipakai sebagai masker wajah yang murah dan mudah. Cukup campurkan parutan wortel dengan sedikit madu.

7. Mencegah Penyakit Hati
Studi menyebutkan bahwa diet ketat pada karotenoid sangat berkaitan dengan rendahnya resiko pernyakit hati. Wortel tidak hanya memiliki beta-karoten, tapi juga alfa-karoten dan lutein. Konsumsi wortel secara rutin juga menurunkan tingkat kolesterol karena larutan serat pada wortel menyatu dengan cairan empedu.

8. Membersihkan Tubuh
Vitamin A membantu hati untuk membuang racun dalam tubuh. Ia mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat yang ada di wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat pergerakan sisa makanan.

9. Kesehatan Gigi dan Gusi
Wortel membersihkan gigi dan mulutmu. Ia menyapu bersih plak dan partikel makanan seperti sikat gigi. Wortel menstimulir gusi dan merangsang keluarnya saliva, yang menjadi alkalin untuk menyeimbangkan pembentukan asam. Mineral pada wortel melindungi dari kerusakan gigi.

10. Mencegah Stroke
Dari berbagai manfaat diatas, tidak mengherankan pada sebuah studi di Harvard University ditemukan bahwa orang yang makan lebih dari enam buah wortel tiap minggu, resiko terkena stroke menurun, bila dibandingan dengan orang yang hanya makan satu buah wortel dalam seminggu.


Sumber: http://www.care2.com/greenliving/10-benefits-of-carrots.html
Gambar: http://realfoodforlife.com/wp-content/uploads/2011/10/carrots-kissing.jpg

No comments:

Post a Comment