ads ads ads ads

Wednesday, January 29, 2014

Sehat dengan Makanan Berprobiotik!

14 Mar 2013
 
Sehat dengan Makanan Berprobiotik!

Probiotik sudah terbukti memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Membuat saluran pencernaan menjadi nyaman adalah salah satunya. Agar kesehatan pencernaan Anda tetap terjaga, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik wajib dilakukan.
Biasanya makanan atau minuman yang bersifat asam memiliki kandungan probiotik yang cukup tinggi. Berikut adalah sebuah daftar kecil makanan dan minuman mengandung probiotik yang sudah Nestle kumpulkan dari berbagai sumber:
1.      Yogurt
Makanan yang sedang tren ini memiliki banyak kandungan probiotiknya, lho! Yogurt sendiri terbuat dari susu yang difermentasikan. Rasanya yang asam membuat probiotik dapat hidup didalam makanan yang satu ini. Jenis probiotik seperti lactobacillus atau bifidobacteria banyak terkandung di dalam snack yang satu ini.  Yogurt dipercaya dapat mencegah dan mengurangi penyakit pencernaan seperti konstipasi, diare, kanker usus besar dan infeksi H. pylori yang sering menyerang perut dan usus.
2.      Sup miso
Mengkonsumsi makanan yang berkuah ketika pencernaan sedang tidak enak memang paling pas. Cobalah memakan sup miso, karena kandungan probiotik yang berasal dari fermentasi kedelai yang dicampur koji yang ada didalamnya. Biasanya miso berbentuk pasta ini memiliki dengan berbagai warna, seperti merah, putih dan campuran. Sebuah riset menunjukkan bahwa ada lebih 160 bakteri baik yang bagus untuk kesehatan. Sup asal Jepang yang rendah kalori ini juga kaya akan vitamin B, zat besi dan kaya akan antioksidan.
3.      Tempe
Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Indonesia ini?  Tempe merupakan salah satu panganan yang memiliki kandungan probiotik juga. Tempe sendiri terbuat dari kedelai yang sudah dicampur dengan jamur rhizopus oligosporus lalu difermentasikan. Makanan ini juga dapat memproduksi antibiotik alami yang dapat melawan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.
 4.      Kimchi
Anda penyuka drama atau musik Korea? Jika ya, kenalan juga yuk dengan salah satu makanan khasnya yaitu, Kimchi. Makanan asal negeri gingseng ini rasanya asam seperti asinan. Biasanya terbuat dari kol yang sudah dicampur dengan bumbu cabai, jahe, garam, saus ikan yang disimpan berhari-hari. Pada kimchi terdapat probiotik jenis lactobacillus kimchii atau yang disebut lactic acid bacteria yang tidak hanya bagus untuk sistem pencernaan, tetapi juga sistem imun tubuh.
 5.      Buttermilk
Buttermilk atau dadih juga salah satu minuman yang mengandung probiotik. Dadih, makanan khas Sumatra Barat ini sendiri terbuat dari susu yang difermentasikan dengan probiotik jenis  lactobacillus acidophilus. Di Indonesia sendiri caranya membuatnya adalah dengan menuangkan susu kerbau ke dalam bambu dan dibungkun daun pisang.
6.      ASI (air susu ibu)
Selain pada makanan, probiotik juga terdapat pada tubuh. Salah satunya terdapat pada ASI yang diproduksi oleh ibu. Jenis probiotik yang ada di dalam ASI adalah lactobacillus gasseri dan  lactobacillus ferment.  Tentunya bakteri tersebut sangat baik untuk si Kecil yang sering mengalami sembelit, diare dan kolik. Menurut sebuah penelitian lainnya, si Kecil diberikan ASI dapat terhindari dari penyakit eczema hingga 2 tahun pertamanya. Sekarang makin yakin kan dengan manfaat ASI untuk si Kecil?

Ayo Bu, mulai konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik. Agar keluarga Anda senantiasa terjaga pencernaanya. Jangan lupa masukkan ke dalam daftar belanja bulanan keluarga ya! rumahnutrisinestle.com

No comments:

Post a Comment