ads ads ads ads

Wednesday, January 14, 2015

Pengamat: Foto Mesra Mirip Abraham Samad Hasil Rekayasa

Pengamat: Foto Mesra Mirip Abraham Samad Hasil Rekayasa

Sekjen Forum Akademisi IT (FAIT), Janner Simarmata menilai foto yang beredar di dunia mirip Ketua KPK Abraham Samad dan Puteri Indonesia Elvira Devinamira Wirayanti adalah rekayasa.

Dalam rilis yang diterima Tribunnews.com di Jakarta, Rabu (14/1/2015), Janner mengatakan dengan kecanggihan teknologi saat ini, semua orang bisa lebih mudah, bahkan dalam hal merekayasa foto seseorang. 

"Sebenarnya untuk membuktikan keaslian foto bisa dilakukan dengan cara pengamatan visual. Metode ini tentul membutuhkan kepekaan dalam melihat sebuah objek tanpa membutuhkan alat bantu berupa aplikasi pengolah foto," ungkap Janner. 

Ia memastikan foto itu hasil rekayasa. Foto keduanya yang beredar sudah pasti menggunakan aplikasi dengan memanfaatkan beberapa metode, seperti blurring (mengaburkan), smoothing (memperhalus tepi), dan smudging (memperhalus permukaan objek).

"Ini adalah sebuah tindak kejahatan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi tanpa batas dan tanpa izin. Pihak berwenang harus mengusut kasus penyebaran foto rekayasa ini dan mencari tahu penyebarnya," ucapnya.

Menurutnya perekayasa foto di internet dapat diproses hukum melalui Pasal 72 angka 5 UU Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta dan Pasal 27 ayat (1) dan Pasal 35 ayat (1) UU Informasi dan Teknologi Elektronik.


TRIBUNNEWS.COM

No comments:

Post a Comment