1. Pertanyaan dan bagaimana cara penilaiannya?
Umumnya suatu Penilaian kinerja karyawan harus berdasarkan atas suatu
target yang telah disepakati bersama antara atasan dan bawahannya pada
awal tahun kinerja.
Hal ini untuk menjaga fairness dan transparancy di dalam proses penilaian kinerja tersebut.
Target tersebut dituangkan di dalam suatu format di dalam proses yang
sering disebut sebagai penetapan sasaran (objective setting).
Format tersebut dapat dibuat berdasarkan kebutuhan perusahaan,
sebagai contoh: Format balance scorecard. Dan secara umum dalam membuat
sasaran harus spesifik, dapat diukur, relevan dan memiliki target
penyelesaian yang jelas di dalam periode kinerja yang terkait.
Setelah objective setting telah ditetapkan maka atasan mulai dapat
melakukan proses monitoring hasil pencapaian atas target yang tekah
disepakati dan kemudian melakukan kalibrasi atas keseluruhan hasil yang
dicapai oleh seluruh karyawan yang ada untuk dapat menjaga fairness atas
hasil yang telah dicapai oleh seluruh karyawan sebagai kontribusi
karyawan terhadap keseluruhan target perusahaan.
Disarankan juga bagi perusahaan untuk menetapkan definisi atas
kriteria rating atas penilaian hasil kinerja agar dapat menjaga
konsistensi standar atas proses penilaian kinerja.
2. Bagaimana cara menentukan kenaikan gaji dari hasil penilaian tsb?
Umumnya penilaian kinerja lebih memiliki kaitan di dalam reward
adalah terhadap pembagian Variable Pay (Performance Bonus). Dan kenaikan
gaji adalah lebih memiliki kaitannya terhadap suatu posisi (peranan)
dibandingkan dengan kondisi posisi (peranan) tersebut terhadap external
market maupun internal relativity.
Sedangkan adanya kaitan terhadap Penilaian kinerja terhadap gaji
adalah dimaksud sebagai salah satu alat untuk dapat memberikan pembedaan
dalam pemberian penghargaan kepada karyawan dan adanya keterbatasan
budget perusahaan, dimana pada akhirnya perusahaan akan lebih memberikan
prioritas biaya tenaga kerja kepada karyawan yang berprestasi dan
memberikan kontribusi terhadap perusahaan, untuk memotivasi karyawan
untuk terus memberikan kinerja yang terbaik dan memastikan bahwa gaji
karyawan yang berkinerja baik tersebut tetap kompetitif di dalam market.
*) Josephine Regina adalah HR Performance and Reward Head di industri perbankan lokal.
No comments:
Post a Comment